Silabus Peminatan Akhlak Kelas XII
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah MADARIJUL HUDA
Mata Pelajaran : Akhlak
Kelas/PROGAM : XII IIK
Semester : Ganjil
KOMPETENSI INTI :
KI-1 : KI-2 : KI-3 : KI-4 : | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan. | ||||||
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | |
1.1.Menghayati ajaran tarikat mu’tabarah di Indonesia 1.2.Menghayati nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari -hari. | Memiliki sikap spiritual yang kuat dalam berdzikir Meyakini bahwa nilai tasawuf sebagai sarana untuk membersihkan hati manusia | Tarikat dan Ajarannya | Membimbing penghayatan pemahaman tarikat dan mengamalkan ajaran agama melalui beberapa ajaran tarikat Membimbing penghayatan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-hari. | Penilaian diri dan teman | 6 x 45 menit | ||
2.1.Meneladani nilai-nilai positif dari ajaran tarikat mu’tabarah (Qadiriyah, Rifa’iyah, Syaziliyah, Maulawiyah, Syatariyah, Naqsabandiyah dan Suhrawardiyah) 2.2.Membiasakan nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-hari. | Memiliki sikap peduli pada diri sendiri, teman dan masyarakat Mengaplikasikan nilai-nilai tasawuf dalam kegiatan di sekolah | Tarikat dan Ajarannya | Membimbing pembiasaan membaca tasbih, tahmid, tahlil, berdoa dan berdzikir dalam kesehariannya. Membimbing pembiasaan bersikap syukur, tawakkal, sabar, dan qanaah. | Observasi atau Catatan jurnal | |||
3.1.Menganalisis sejarah dan pokok-pokok ajaran tarikat mu’tabarah (Qadiriyah, Rifa’iyah, Syaziliyah, Maulawiyah, Syatariyah, Naqsabandiyah dan Suhrawardiyah). 3.2.Menganalisis problematika masyarakat modern, relevansi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern | Menjelaskan sejarah dan pokok-pokok ajaran tarikat mu’tabaroh 1. Menjelaskan problematika masyarakat modern 2. Menjelaskan relevansi tasawuf dalam kehidupan modern. 3. Menganalisis peranan tasawuf dalam kehidupan modern | a. Pengertian Tarekat Mu’tabaroh. b. Sejarah Tarekat Mu’tabaroh dan tokoh-tokohnya c. Ajaran-ajaran Tarekat Mu’tabaroh. a. Pengertian Tasawuf b. Ciri-ciri Masyarakat Modern. c. Problematika Masyarakat Modern. d. Relevansi Tasawuf Pada Masyarakat Modern. | Guru menjelaskan secara umum tentang Tarekat Mu’tabaroh Siswa dibagi beberapa kelompok, setiap anggota membuat lampiran yang berisi tentang sejarah, tokoh dan ajaran tarekat mu’tabaroh serta mengkajinya. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi bersama teman sekelompoknya. Guru menjelaskan secara umum tentang Tasawuf dan Masyarakat Modern. Siswa dibagi beberapa kelompok, setiap anggota membuat lampiran yang berisi tentang tasawuf dan masyarakat modern Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi bersama teman sekelompoknya. | · Pengumpulan informasi dari berbagai sumber tentang materi pembelajaran. · Diskusi kelompok. · Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. · Observasi Menilai keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan diskusi di dalam kelas atau saat mengerjakan tugas. · Portofolio, Menilai hasil pekerjaan kelompok tentang materi pembelajaran · Tes Tulis/Lisan Menilai proses dan hasil belajar secara individu tentang materi pembelajaran. | · Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016 · Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi. · Lingkungan sekitar yang mendukung | ||
4.1. Menceritakan sejarah tarikat mu’tabarah (Qadiriyah, Rifa’iyah, Syaziliyah, Maulawiyah, Syatariyah, Naqsabandiyah dan Suhrawardiyah). 4.2. Menceritakan problematika masyarakat modern, relevansi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern | Mempraktekan problematika masyarakat modern seperti gaya hidup dan kehidupan bermasyarakat | Sejarah Tarekat Mu’tabaroh. Relevansi Tasawuf Pada Masyarakat Modern | Membimbing siswa dalam menceritakan sejarah tarekat mu’tabaroh. Membimbing siswa dalam menceritakan problematika masyarakat modern dan relevansinya terhadap masyarakat modern. | Penilaian diri dan teman | |||
1.3.Menghayati nilai-nilai adab di masjid, adab membaca al Qur’an, adab berdo’a, adab berpakaian dan berhias dan adab musafir menurut syariat Islam | Adab Dalam Islam | Membimbing penghayatan mengamalkan adab islamiyah dalam kehidupan sehari-hari | Penilaian diri atau teman | ||||
2.3.Membiasakan adab di masjid, adab membaca Al Qur’an, adab berdo’a, adab berpakaian dan berhias dan adab musafir menurut syariat Islam | Adab Dalam Islam | Membiasakan beradab islamiyah dalam kehidupan sehari-hari | Observasi , catatan atau jurnal | ||||
3.3.Menjelaskan adab di masjid, adab membaca al Qur’an, adab berdo’a, adab berpakaian dan berhias dan adab musafir menurut syariat Islam | · | · Adab di Masjid · Adab Membaca al-Qur’an · Adab Berdoa · Adab Berpakaian · Adab Berhias · Adab Musafir | · Mengamati gambar yang terkait dengan adab islamiyah. · Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang adab islamiyah. · Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang terkait dengan adab islamiyah. · Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya. · Guru memberi tanggapan atas pertanyaan atau tanggapan dari siswa. · Menentukan sumber informasi berkaitan tentang adab islamiyah. · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang adab islamiyah. · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai adab islamiyah. · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan adab islamiyah. · Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan adab islamiyah. · Guru menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang materi adab islamiyah. | Tugas: · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang materi kajian · Diskusi kelompok · Presentasi Observasi Melihat buku siswa, media pembelajaran film atau lainnya Portofolio Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang adab islamiyah Tes Tulis/Lisan Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi adab islamiyah | · Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016 · Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi. · Lingkungan sekitar yang mendukung | ||
4.3. Mendemonstrasikan adab di masjid, adab membaca Al Qur’an dan adab berdo’a | Adab Dalam Islam | Membimbing siswa untuk melafalkan doa-doa yang berhubungan dengan kegiatan di masjid dan membaca al-Quran. | Penilaian Diri Penilaian Teman Observasi | ||||
1.4. Menyadari bahaya perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab, fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya | Akhlak Tercela | Membimbing siswa untuk menyadari tentang bahaya akhlak tercela | Penilaian Diri Penilaian Teman | ||||
2.4.Menghindari perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab, fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya | a. | b. Pengertian Dzalim dan macam-macamnya. c. Pengertian Diskriminasi, jenis-jenis dan dampak negatifnya. d. Pengertian ghadab dan bentuk-bentuknya. e. Pengertian fitnah, bentuk-bentuk dan cara menghindarinya. f. Pengertian namimah. g. Pengertian ghibah | Membiasakan berusaha diri menghindar dari perilaku Nifak dan keras hati | ||||
3.4.Menganalisis perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab, fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya | Akhlak Tercela | · Mengamati gambar yang terkait dengan perilaku akhlak tercela sesuai materi pembelajaran. · Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang pengantar akhlak tercela. · Memberi komentar atau menanya terhadap gambar / film yang terkait dengan akhlak tercela. · Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya. · Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa. · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan Akhlak tercela. · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang akhlak tercela. · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai akhlak tercela. · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan akhlak tercela. · Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan meruginya jika bersikap tercela. · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang materi ini | Tugas: · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang materi kajian · Diskusi kelompok · Presentasi Observasi Melihat media pembelajaran film atau lainnya Portofolio Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan tentang materi pembelajaran. Tes Tulis/Lisan Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi dalam Menghindari Akhlak tercela | · Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016 · Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi. · Lingkungan sekitar yang mendukung | |||
4.4. Menunjukkan contoh bahaya perilaku dzalim, diskriminasi, ghadab, fitnah, namimah dan ghibah serta cara menghindarinya | Akhlak Tercela | Membimbing siswa dalam menentukan bahaya perilaku akhlak tercela. | |||||
1.5.Menyadari bahaya perilaku tercela seperti yang dilakukan Qarun dan Kan’an | Kisah Orang Durhaka | Membimbing siswa menghayati urgensi mengetahui kisah Qarun dan Kan’an. | Penilaian Diri Penilaian Teman | ||||
2.5.Menghindari perilaku tercela seperti yang dilakukan Qarun dan Kan’an | Kisah Orang Durhaka | Membiasakan beradab islami dan menghindari perilaku tercela sepeti Qarun dan Kan’an | Penilaian Diri Penilaian Teman | ||||
3.5.Menganalisis perilaku tercela Qarun dan Kan’an | Kisah Qarun dan Kan’an | · Mengamati gambar yang terkait dengan Kisah Qarun dan Kan’an. · Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang kisah Qarun dan Kan’an. · Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang terkait . · Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai komentar atau pertanyaan temannya. · Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa. · Menentukan sumber informasi berkaitan dengan kisah akhlak tercela. · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kisah akhlak tercela. · Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar tentang kiasah akhlak tercela. · Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan kisah akhlak tercela. · Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan kisah akhlak tercela. · Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang materi ini | Tugas: · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang materi kajian. · Diskusi kelompok · Presentasi Observasi Melihat media pembelajaran film atau lainnya Portofolio Guru menilai hasil pekerjaan individu maupun kelompok tentang pencarian materi berkaitan dengan kisah akhlak tercela. Tes Tulis/Lisan Guru menilai proses dan hasil belajar individu tentang materi kisah akhlak tercela. | 2 TM (45 x 4) | · Buku Pedoman Guru Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016 · Buku Pegangan Siswa Mapel Akhlak MA, Kemenag RI, 2016 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi. · Lingkungan sekitar yang mendukung | ||
4.5. Menceritakan kisah Qarun dan Kan’an | Kisah Qarun dan Kan’an | Membimbing untuk bercerita mengenai materi yang telah disampaikan. | Lisan |
Komentar
Posting Komentar