Ciri ciri Hasil Belajar Siswa




Belajar Siswa

1.      Hasil Belajar
Suharsimi Arikunto ( 1990:133) mengatakan bahwa “hasil belajar adalah hasil akhir setelah mengalami proses belajar, perubahan itu tampak dalam perbuatan yang dapat diamati, dan dapat diukur”.
Hasil belajar adalah bila seorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak mengerti menjadi mengerti dan sebagainya.
a.      Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
1.      Faktor Intern
Faktor Intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri, Adapun yang dapat digolongkan kedalam intern yaitu kecerdasa atau intelegensi, bakat, minat, motivasi.
2.      Faktor Ekstern
Faktor Ekstern yang dapat mempengaruhi belajar adalah “keadaan keluarga, keadaan sekolah, dan keadaan lingkungan masyarakat”.
Hasil merupakan kecakapan langsung yang dapat diukur dengan tes. Tinggi rendahnya hasil belajar yang dicapai dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya model belajar. Yang dimaksud dengan hasil belajar dalam penenelitian ini adalah hasil usaha belajar PAI berupa aspek kognitif yang diukur melalui soal ulangan.
Tes menurut Margono (2004) merupakan seperangkat rangsangan (stimulus) yang diberikan kepada seseorang dengan maksud untuk mendapat jawaban yang dapat dijadikan dasar bagi penetapan skor angka. Sedangkan soal adalah alat pengumpul informasi tertentu yang jika dibandingkan dengan alat-alat lain, soal lebih resmi karena penuh dengan batasan-batasan. Oleh karna itu, soal harus memenuhi aturan,  persyaratan kelayakan dan pengambilan skor tertentu. Jadi soal merupakan penilaian akhir dari status masing-masing siswa telah menyelesaikan sebagian atau keseluruhan program pengajar.

Dalam buku terbitan Depdiknas 2003 menyebutkan bahwa ciri-ciri hasil belajar adalah :
a.       Adanya kemampuan siswa untuk mengingat kembali informasi atau materi yang telah dipelajari,
b.      Adanya kemampuan siswa yang nampak dalam ketrampilan mengelompokkan, menyajikan dan menafsirkan data,
c.       Adanya kemampuan siswa untuk menghasilkan suatu nilai dari materi pelajaran berdasarkan kriteria nyata, jelas dan obyektif.
d.      Kriteria ketuntasan minimal ( KKM )Tahun pelajaran 2014/2015.
e.    Seorang Siswa bisa dikatakan memenuhi setandar kelulusan pada suatu pelajaran apabila mendapatkan:
No
Kualifikasi
Nilai
1
Sangat Baik
80- 100
2
Baik
70- 79
3
Cukup
60- 69
  (Buku pedoman FKIP UNUD, 1983: 1)
Mencermati uraian tersebut maka ciri-ciri hasil belajar terwujud dalam ranah kognitif, efektif, psikomotor serta kreativitas pada diri serta wajar tanpa tekanan orang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Filsafat Kontemporer

Bab I'rab Dalam Ilmu Nahwu

Makalah Musaqoh